Deretan Idol kpop yang Kariernya Hampir Hancur Karena Kontroversi

Menjadi idol Kpop memanglah tak mudah. Selain proses menjadi trainee dan jadwal latihan yang padat, mata masyarakat juga akan selalu tertuju pada mereka. Mulai dari penggemar yang menuntut idol-nya tampil sempurna, netizen yang julid, hingga media massa yang terus mengintai, tekanan menjadi idol di Korea Selatan sangatlah berat. Tak jarang, para idol memutuskan rehat karena mengalami gangguan kesehatan mental.Bahkan, banyak juga idol Kpop yang bunuh diri karena gangguan mental.

Karena itulah, saat mereka terkena kontroversi, tak mudah untuk bisa mendapatkan permintaan maaf dari masyarakat. Ada beberapa idol yang nyaris saja hilang harapan untuk kembali ke industri musik Korea setalah terkena kontroversi. Namun nyatanya hingga kini mereka masih tetap eksis dalam industri musik. Lantas siapa sajakah mereka? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

1. Lia ITZY


Pada Februari 2021, Lia terkena kasus perisakan semasa ia masi sekolah. Seorang wanita yang mengaku satu sekolah denggannya mengatakan di forum daring bawha ia dirisak oleh Lia karena berpacaram dengan teman dekat idol itu. Meski akhirnya wanita itu sudah putus, namun ternyata Lia masih teteap merundungnya. JYP Entertainment menyatakan bahwa tuduhan itu tidak benar, sekaligus menuntun penyebaran berita hoax atau palsu.

Namun karena tak cukup bukti, kasus yang diajukan JYP Entertainment tak dilanjutkan, dan agensi itu lantas mengajukan investigasi ulang. Hingga kini, kasus tersebut belum ada titik terang, dan Lia masih aktif dalam grup hingga kini.

2. Wonho Monsta X


Pada tahun 2017, ia dituduh oleh teman sekamarnya dulu, yaitu Jung Da-eun, bahwa ia tidak membayar utang dan menggunakan ganja saat masa trainee mereka pada tahun 2013. Tak hanya itu, mantan pacar Da-eun, yaitu Han Seo-hee yang terkenal dengan banyak kont


roversi, juga mengatakan bahwa Wonho adalah siswa bermasalah yang sampai dibawa ke pusat pembinaan anak-anak yang biasanya terkena kasus kriminal.

Tuduhan lainnya adalah Wonho menyetir tanpa SIM> Gara-gara rentetan kasus tersebut, ia akhirnya keluar dari Monsta X. Namun setelah penyelidikan selama lima bulan, Wonho dibebaskan dari segala tuduhan tersebut.

3. Tzuyu TWICE


Pada tahun 2015, dimana sebulan setelah TWICE debut, Tzuyu bersama Mina, Sana, dan Momo tampil dalam program MBC, My Little Television. Saat itu, Tzuyu memperkenalkan diri sebagai orang Taiwan sambil mengibarkan bendera Taiwan di samping bendera Korea Selatan. Bagi mayoritas penonton, ini adalah hal yang biasa, tapi tidak bagi warga di China. Ini karena warga di sana menganggap Taiwan bukanlah negara merdeka, melainkan bagian dari China.

Hal itu membuat TWICE akhirnya tak bisa muncul dii media-media di China. Tzuyu juga itarik dari kontraknya bersama perusahaan China, Huawei. Setelah kekacauan itu, Tzuyu terpaksa harus menyampaikan permintaan maafnya lewat video. Dalam video tersebut, Tzuyu menyebut "hanya ada satu China" dan "bangga menjadi warga China

Namun, bukannya selesai, permintaan maaf tersebut malah mem uat warga Taiwan tersinggung. Karena kasus  itu, JYP Entertainment selaku agensi yang membawahi TWICE akhirnya memberikan pelatihan tentang sensitivitas budaya kepada para staf dan artis mereka.

4. Jay Park


Pada tahun 2009 atau setahun setelah  ia debut bersama 2PM, Jay Park diketahui pernah mengeluarkan pernyataan yang menyinggung Korea pada 2005. Lewat akun MySpace yang ditulis dalam bahasa Inggris, ia menyatakan bahwa ia "benci Korea" dan "Ingin kembali ke Amerika Serikat".

Setelah kontroversi tersebut, ia yang tadinya menjadi leader grup akhirnya keluar dari 2PM, dan kembali ke Seattle, Amerika Serikat, tempat tinggalnya semula. Di sana, ia membuat label musiknya sendiri. Pada 2019, Jay Park juga dituduh menyetujui tindakan cultural appropriation yang dilakukan Avatar Darko, rapper kulit putih asal Amerika Serikat, yang terlihat menggunakan rambut gimbal. Walapun begitu, kasus tersebut tampaknya tak mempengengaruhi kariernyya, malahan, pada tahun ini, ia merilis lagu duetnya bersama IU berjudul Ganadara.

Nah, itulah 4 idol kpop yang Kariernya Hampir Hancur Karena Kontroversi. Semoga artikel kami bermanfaat yah!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biodata Lengkap Member TXT, Boy Grup Asuhan BigHit Entertainment

5 Grup Kpop Yang Masuk American Music Awards 2022, Grup Favorite Kamu Masuk Gak?

Profil dan Biodata Rose BLACKPINK, Pemilik Julukan Golden Voice of Korea