5 Agensi Kpop Terbesar, Idolamu Dinaungi Siapa?

 

Kesuksesan idol Kpop tak bisa dilepaskan dari keahlian manajemen atau agensinya. Perusahaan agensi ini bertugas untuk melatih artis tersebut hingga debut, menyusun jadwal-jadwal, mengelola keungannya hingga memilihkan lagu atau proyek yang cocok untuk mereka.

Perusahaan agensi tersebut nantinya akan mendapatkan pendapatan dari hasil penjualan musik dan merchandise dari artis ini. Bahkan tidak jarang mayoritas rasio pendapatan artis masuk ke kantong agensi, tergantung dengan klausul kontrak artis tersebut dengan agensinya. Namun, hal ini berarti bahwa semakin terkenal artis itu, maka akan semakin besar pula ukuran agensinya. Lantas apasajakah agensi kpop terbesar itu? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

1. HYBE Corpotation


Hybe Corportation yang dulunya dikenal dengan nama Big Hit Entertainment masuk menjadi agensi pertama terbesar di Korea Selatan. Agensi ini muali dikenal seetlah boy band naungannya BTS berhasil populer dengan single serta laginya yang mendunia. Agensi ini didirikan oleh Bang Shi-hyuk pada tahun 2005.

Pada tahun 2021, perusahaan ini membukukan pendapatan dari penjualan ke seluruh dunia sebesar 1,26 triliun won dan membukukan laba bersih sebesar 140,8 miliar won. Selain Bts, Hyce Corportaion juga menaungi beberapa group Kpop lainnya, yaitu TXT, Seventeen dan Lesserafim.

2. SM Entertainment


Agensi Kpop terbesar kedua adalah SM Entertainment. SM didirikan pada tahun 1995 dan sejak saat itu terus mengorbitkan artis-artis Kpop bertalenta. Artis-artis perusahaan ini tersebar dari Kpop generasi pertama hingga keempat, mulai dari H.O.T, S.E.S dan BoA hingga NCT dan Aespa.

Pada tahun 2021, SM Entertainmnet mencatatkan penjualan sebesar 769 miliar won dan laba bersih sebsar 133 miliar won. Jadi, tak heran jika saham SM Entertainment dijual dengan harga 70.000 won per lembar.

3. JYP Entertainment


JYP Entertainment merupakan agensi yang didiikan pada tahun 1997 oleh Park Jin-young. Saat ini perusahaan ini menaungi sejumlah group dan solo artist, seperti Twice, 2PM, Stray Kids, Itzy, Day6, XdinaryHeroes, Nmixx, Bernard Park dan  Park Jin-young sendiri. Tak hanya itu, agensi ini juga mengopersikan berbagai bisnis pendukung, sepertu produksi musik, event organizer, record label dan lain sebagainya.

Pada tahun 2021, JYP Entertainment tercatat berhasil mendapatkan penjualan senilai 193 miliar won dan laba sebesar 67,5 miliar won. Sementara itu, saham perusaan ini dijual dengan harga 9.600 won per lembar dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai 2,12 triliun won.

4. YG Entertainment


YG Entertainment merupakan salah satu perusahaan agensi hiburan terbesar di Korea Selatan yang terbilan cukup jarang mengorbitkan artis, namun sekalinya mengorbitkan artis akan sukses besar. Agensi ini didirikan pada tahun 1995 oleh dua bersaudara Yang Hyun-suk dan Yang Min-suk. Perusahaan ini tak hanya menangui idol, namun juga aktor dan aktris.

Kesuksesan idol dan aktro atau atris membuat YG Entertainment berhasil menghasilkan pendapatan senilai 266 miliar won dan laba bersih senilai 7,6 miliar won. Harga saham perusahaan ini saat ini tercatat pada level 49.200 per lembar.

5. Cube Entertainment 


Perusahaan agensi terbesar ke lima berikutnyya adalag Cube Entertainment.  Perusahan ini tercatat memiiliki penghasilakn kotor senilai 18,9 milir pada taun 2021.

 Cube Entertainment didirikan pada tahun 2006 oleh mantan direktur JYP Entertainment, Hong Seung Sung. Dua grup yang pertama kali di orbitkan leh perusahaan ini adalah Beast dan 4Minute, yang mana keduanya sukses besar pada tahun 2009.

Demikianlah 5 agensi Kpop terbesar di Korea Selatan. Semoga ulasan kami bermanfaat yah!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biodata Lengkap Member TXT, Boy Grup Asuhan BigHit Entertainment

5 Grup Kpop Yang Masuk American Music Awards 2022, Grup Favorite Kamu Masuk Gak?

Profil dan Biodata Rose BLACKPINK, Pemilik Julukan Golden Voice of Korea