Sejarah Kemunculan Boyband BigBang Korea

 


Big Bang (Hangul: 빅뱅) adalah boy band asal Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment. Grup ini debut secara resmi pada 19 Agustus 2006 dengan lima anggota, yakni G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung dan Seungri.

Boyband yang satu ini mendapat julukan sebagai King of Kpop. Hal ini disebabkan karena mereka punya fondasi fandom yang kuat banget! 

BIGBANG punya fandom Korea Selatan maupun Internasional yang selalu solid dan selalu mendukung BIGBANG dari berbagai aspek, mulai dari penjualan album fisik, chart musik Korea Selatan, hingga chart Billboard Internasional

Sebelum mendapat kesuksesan yang begitu hebat,kemunculan boyband korea selatan ini memiliki sejarah tersendiri loh, jika penasaran mari simak ulasan berikut ini.

Sejarah Berdirinya Boyband BigBang

Bigbag memulai kariernya pada tahun 2006. Sejak mereka debut 19 Agustus 2006, Bigbang telah merilis beberapa single sukses baik mini album maupun full album.

Album pertama mereka yakni BigBang Vol. 1, tidak terlalu mendapat respon penuh dari masyarakat umum disebabkan genre yang mereka ambil Hip Hop dan R&B.

Walau pun begitu sebenarnya debut grup ini bisa dikatakan cukup sukses, karena salah satu singel pertama mereka yang berjudul " We Belong Together ” juga  laku terjual sebanyak 40.000 kali.

Setelah itu, Bigbang juga meraih kesuksesan yang lebih besar pada tahun 2007. Kesuksesan ini didapat dari rilisnya album mini yang berjudul “Always”.

Berkat kesuksesan album mini mereka ini, grup BigBang menerima sejumlah penghargaan pada akhir tahun, salah satunya adalah "Best Male Group" dan "Song of the Year" dari M.NET/KM Music Festival 2007. Mereka kemudian menerima penghargaan "Artist of the Year" di Seoul Music Awards ke-17.

Tidak sampai disitu, pada tahun berikutnya mereka juga meluncurkan  album kedua mereka yang berjudul  “Remember”, yang  dirilis pada tanggal 5 November 2008.

Album ini berisikan dua singel, yakni "Sunset Glow" dan "Strong Baby," yang masing-masing menduduki posisi nomor 1 dan nomor 2 di tangga lagu Korea Selatan.

Pada tahun yang sama, boyband yang satu ini juga mengembangkan industri musiknya ke negara sakura, yakni Jepang.

Mereka merilis album mini Jepang pertama mereka yang berjudul “For the World”.  Dengan waktu promosi album yang hanya sebentar, album ini mampu menduduki posisi nomor 10 di tangga lagu Oricon.

Setelah itu masih pada tahun yang sama, Big Bang merilis album studio Jepang mereka yang berjudul “Number 1”.

Lalu album Jepang resmi pertama mereka dirilis pada 19 Agustus 2009. Mereka mempromosikan album ini dengan dua singel: "My Heaven" dan "Gara Gara Go!

Lagu "My Heaven" sendiri adalah terjemahan bahasa Jepang dari singel Korea mereka yang berjudul "Heaven".

Lagu ini disusun oleh komponis asal Jepang yang bernama Daishi Dance,  dan lagu ini masuk keposisi nomor 3 di Tangga Lagu Oricon.

Sementara lagu yang berjudul "Gara Gara Go!" menduduki posisi nomor 5. Sedangkan albumnya sendiri meraih posisi nomor 3 di Tangga Album Oricon.

Nah, itulah sejarah singkat kemunculan boyband BigBang Korea. Jadi dapat kita simpulkan bahwa boyband yang satu ini selalu sukses dari awal berdirinya hingga saat ini.

Hal ini tidak lepas dari kualitas dari para member yang ada digrup ini dan usaha keras mereka. Sebagaimana sesuai dengan arti dari nama BigBang sendiri yaitu diambil dari teori Big bang yang dicetuskan oleh Stephen Hawking yang berarti terjadinya alam semesta oleh sebuah ledakan besar.

Jadi nama BigBang berarti ledakan besar, terbukti, G-Dragon, T.O.P, Seungri, Taeyang dan Daesung merupakan sebuah ledakan besar di industri musik Korea karena keberhasilan yang mereka punya.

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biodata Lengkap Member TXT, Boy Grup Asuhan BigHit Entertainment

Profil dan Biodata Rose BLACKPINK, Pemilik Julukan Golden Voice of Korea

5 Idol Grup Generasi Paling Populer, Siapa Aja?